BANNER

Selasa, 16 Oktober 2012

Istilah istilah otomotif

ABS
       Anti-lock Braking System berguna untuk mencegah terjadinya efek mengunci pada perangkat rem tatkala menginjak pedal secara mendadak sehingga mobil terhindar dari kemungkinan selip akibat efek gaya dorong kendaraan yang menjauhi titik pusat (sentrifugal).
         Caranya adalah dengan sensor yang memberikan input atau kontrol, kapan roda harus berhenti dan kapan roda harus berputar. Jadi ketika kendaraan di rem, roda tidak terkunci dan pengemudi masih tetap bisa mengendalikan kendaraan tersebut.
          Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Daimler yang ketika itu masih berduet hanya dengan Benz tahun 1970. ABS awalnya diberi nama anti-block system diciptakan oleh Hans Scherenberg di Stuttgart, Jerman.


Abrasion Resistance
 

              Berfungi untuk menghindarkan goresan pada saat pemasangan dan lebih anti gores dibanding kaca film biasa. Active Body Control (ABC)
Merupakan teknologi suspensi yang bersifat aktif ciptaan Mercedes Benz dimana ABC memperbaiki kualitas penguasaan kendaraan di segala medan. Sistem ABC memisahkan pekerjaan dari suspensi menurut elemen aktif dan pasif. Secara dasar, gaya, pukulan atau tekanan besar yang diterima oleh hidrolis sedangkan yang kecil di terima oleh peredam kejut yang konvensional. Jika sistem suspensi aktif yang full, sangat menyedot tenaga mesin dan semakin memboroskan bahan bakar.
            Sistem ABC mempunyai efek yang minimal terhadap penggunaan bahan bakar dan sebaliknya mendapatkan kenyamanan dan penguasaan jalan yang maksimal. Ini bisa terjadi karena unit hidrolis aktif dan peredam kejut yang pasif masing-masing mengerjakan ‘urusannya’ sendiri-sendiri. Seluruh usaha dari unit ABC terkonsentrasi ke pergerakan dan getaran berfrekuensi rendah. (ini bisa terjadi kurang dari 5 kali dalam 1 detik atau 5 Hertz.) Sementara itu masih ada penahan seperti per yang biasa didapati di sistem suspensi, peredam kejut pasif yang bertekanan gas, terkombinasi dengan sensor gerak dan aktuator hidrolis.


Active Air Suspension
            Fungsinya menahan posisi mobil tetap stabil. Teknologi ini dikeluarkan oleh Mercedes. Active Roll Control System
             Metode ini diarahkan untuk membantu driver menjaga sudut kemiringan tunggangannya. Secara fisik posisinya berada diatas lengan ayun depan dan belakang. Perangkat ini tak ubahnya sebuah peredam kejut tambahan yang bekerja sama dengan batang stabilizer. Ditambah fitur sensor kemiringan dan sudut putaran setir. Saat mobil melaju sensor-sensor akan bekerja memantau tiap sudut kemiringan baik ketika melaju di trek lurus ataupun saat menikung.


Active Cornering Enhancements (ACE)


Perangkat ini menjaga kendaraan dari gejala body roll saat melibas tikungan atau zig-zag di jalan raya. Tapi bila kemudi mengarah ke jalan non aspal ACE membantu kendaraan tetap stabil. Suspensi akan bergerak sangat bebas bila terjadi perbedaan kedudukan as roda, semisal roda kiri depan menjejak lubang dalam, sedang kanannya menggilas gundukan. Teknologi ini ada pada Land rover discovery series II.


Active Yaw Control (AYC)


Sistem ini telah mengalami modifikasi untuk menangani ekstra torsi dan memperkuat peralihan torsi pada differensial belakang. Sewaktu berakselerasi sembari menikung, AYC mengirimkan tenaga tambahan pada roda terjauh dari titik dalam tikungan untuk mengurangi understeer. Misalnya ketika belok kiri, tenaga akan ditambahkan pada roda kanan. Selanjutnya saat keluar dari tikungan, sistem ini akan mengirimkan power pada roda yang berada pada sisi dalam untuk menjaga kestabilan.


Adaptive Cruise Control (ACC)


Tehnologi sistem pengontrol yang mampu menjaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan di depan. Sistem ini akan mendeteksi kecepatan kendaraan di depan selanjutnya sistem memerintahkan mobil untuk menyamakan kecepatan dan menjaga jarak dengan bantuan rem dan komputer pengatur kerja rem. Tehnologi ini ada pada BMW seri 7.


Adaptive Gear Changing System (AGS)


Sistem yang mendukung kerja transmisi otomatis. AGS akan bereaksi secara sensitif terhadap gaya mengemudi serta kondisi jalan.


Additional Retarding Braking System

Semua komponen rem untuk mengurangi kecepatan kendaraan melaju di jalan menurun.

Automatic Differential Brake Adjustable Engine Management



              Sistem pada mesin dengan perantara satelit navigasi yang dapat merubah program komputer mesin. Dengan begitu kinerja mesin jadi makin adaptif sesuai lingkungan dan perilaku pengemudi. Kadar oktan bahan bakar pun dapat disesuaikan secara otomatis. Sistem ini juga akan mendeteksi dan memperbaiki kerusakan elektronis yang timbul. Teknologi ini telah didemonstrasikan pada Volvo seri S80.


Adjustable Suspension Kit


                Peredam kejut dan per yang digabung menjadi satu. Selain mempunyai kemampuan layaknya peranti kompetisi (racing kit), umumnya tinggi rendahnya dapat diatur sesuai medan jalan atau keinginan pemilik mobil.


Advancer Vacuum
                  Komponen ini bertugas untuk mengatur waktu pengapian sesuai perubahan beban mesin.


Adventure
Off road kering Air Bag


                   Adalah teknologi kantong udara untuk menahan penumpang bagian depan ketika tabrakan terjadi. Biasanya Air Bag tersimpan di lingkaran dalam roda stir dan dashboard. Teknologi Air Bag ini diklaim sebagai teknologi yang lebih canggih ketimbang seatbelt atau sabuk pengaman karena Air Bag bukan sekedar menahan dengan cara mengikat penumpang ke kursi tapi menjadi bantalan yang terkembang di depan wajah si penumpang tepat saat tabrakan terjadi dan langsung menahan benturan ke dashboard dan kaca depan.


Air Spring


                   Pegas udara yaitu silinder karet atau kantong udara yang berisi udara yang ditekan.


Air sprung rear axle


                        Disebut juga suspensi balon. Perangkat ini berfungsi mengubah konstanta per (spiral) sesuai kebutuhan. Sehingga dapat mengantisipasi mobil yang tak terbebani ataupun over load agar suspensi terasa lembut.Prinsip suspensi balon ini menghasilkan ayunan yang dihasilkan pada kantung udara. Dapat diatur tekanannya guna menahan beratnya beban dan menyerap body roll. Prinsip kerjanya diatur oleh kompresor, oleh karena itu antisipasi paling penting adalah mengganti dinamo ampere standar (115 ampere) dengan yang lebih besar (>140 ampere), agar aki tidak tekor ketika beban kerja tinggi.Kelemahannya beban berat, lama kelamaan akan menimbulkan masalah. Bagian belakang akan amblas, membuat bagian depannya mendongak. Penggantian per dengan jenis dan tipe yang lebih keras membuat mobil lebih kokoh saat dimuati beban lebih.AWD cukup mampu untuk melibas jalanan pedesaan, off-road ringan dan bukit landai. Pada kenyataannya, ground clearance (jarak terendah antara mobil dan tanah) yang sering menghentikan mobil, daripada ketidakmampuan AWD. Mobil-mobil yang menggunakan system AWD: Audi Quattro; Mitsubishi Eclipse, 3000GT; Mercedes-Benz E320; Subaru; Volvo V70 ; Chrysler Town & Country; Dodge Grand Caravan; Mazda MPV; Honda CR-V; Lexus RX300.


All Terrain Vehicle (ATV)


                 Bentuk ATV mirip motor pendek beroda empat. Kendaraan ini sangat kuat terutama di medan offroad, seperti jalanan tanah atau berpasir seperti di pantai, di pertanian, di gurun pasir. Selain punya daya jelajah yang tinggi, ATV juga kuat untuk towing atau menarik kendaraan lain. Kendaraan berdaya angkut besar ini punya tenaga besar namun ukuran badannya yang berdimensi kecil, nyaris seperti motor buat anak-anak. Gerak rodanya di belakang atau rear drive yang punya shaft tunggal. Tenaganya yang besar tidak cocok untuk jalanan aspal dan sering menyebabkan terjadinya spin dan slide ketika melakukan pembelokkan. Walau bernama ATV, sebenarnya kendaraan ini lebih cocok di sebut OTV (Off Road Terrain Vehicle).


All system traction control


                Menggunakan ABS dan komputer pengontrol mesin. Prinsip kerjanya, pada saat system pengerem bekerja, komputer mengurangi daya yang dihasilkan mesin atau memindahkan ke gigi transmisi yang lebih tinggi untuk mengurangi wheel spin. Untuk kecepatan tinggi. Perangkat ini terpasang pada mobil mewah seperti Mercedes-Benz S-Class dan E-Class, BMW Seri 7, Lexus LS400 dan Cadillac DeVille.


Ammeter
              

             Alat yang mengukur dan melaporkan aliran arus listrik. Anti Intrusion
Struktur body anti penyok. Anti-Scan, Anti-Grab Prevention Kode pada alarm yang artinya alarm mempunyai kemampuan mengantisipasi pembajakan nomor kode dan frekwensi. Cara kerjanya remote control mengirim nomor kode dan frekwensi yang berbeda ke sensor secara acak. Akibatnya data yang terekam pembajak akan selalu berbeda dengan remote control.


Ash Carbon


                  Kerusakan busi yang disebabkan karena endapan abu. Tanda-tanda : endapan berwarna coklat muda menempel di sisi atau di tengah elektroda, atau keduanya. Endapan yang terlalu banyak bisa menyelimuti busi, sehingga busi macet sewaktu berakselerasi.


Auto lock / unlock


                   Sistem ini secara otomatis akan mengunci pintu dalam 5 detik setelah mesin dihidupkan dan sebaliknya kunci akan terbuka 5 detik setelah mesin dimatikan.


Automatic 4WD


                   Sistem ini bergerak dengan 2WD, hingga system mendeteksi perlunya menggunakan 4WD. Secara otomatis daya dibagi ke roda depan dan belakang dengan perbandingan sesuai kondisi medan. Pada umumnya system otomatis bekerja bila salah satu ban slip. Yang lebih modern, menggunakan software yang dapat mengubah ke 4WD sebelum roda slip, dengan menganalisa kondisi jalanan.


Automatic Braking System


                        Seluruh komponen rem baik pada induk maunpun gandengannya yang biasa digunakan pada truk-truk gandengan yang panjang.


Automatic Cruise Control


                         Piranti ini berupa perangkat pembantu yang mengatur laju kendaraan. Caranya dengan mendeteksi laju kendaraan di depannya. Sistem pengereman berfungsi secara otomatis, jika mendeteksi benda di depannya akan mengurangi kecepatan mendadak.


Automatic Disable Starter


                  Senjata pelindung terakhir pada mobil. Cara kerjanya pada saat si pencuri berusaha memasuki kabin dan memaksa menghidupkan mobil maka Auto Relay Starter berperan dengan memutus arus listrik pada rangkaian pengapian.


Automatic Engine Cut Off


                   Teknologi pembatas putaran mesin yang dipakai pada mobil BMW sejak tahun 1990. Cara kerjanya dikontrol oleh Electronic Computer Unit (ECU) yaitu ketika jarum tachometer menyentuh angka 6.500 rpm, maka secara otomatis mobil akan menurunkan putarannya sehingga mesin tidak mengalami over-revving (melampaui batas putaran maksimum).


Automatic Stability Control


                   Sistem suspensi yang di kembangkan perusahaan otomotif BMW yang berfungsi untuk mencegah spin di ban saat melakukan akselerasi. Penggunaannya di terapkan di BMW 323iA.


Automatic Stability Control + Traction


                  Fungsi utama piranti ini adalah mencegah terjadinya ban selip dan menjaga stabilitas mobil dalam kondisi jalan apa pun seperti beraspal kering, basah maupun bersalju. Cara kerjanya, beberapa sensor di roda dan mesin menangkap kinerja keduanya.Setiapkali ada gejala overpower yang mengakibatkan roda selip dan kehilangan traksi, unit komputer akan membatasi output tenaga yang dihasilkan mesin. Bersamaan dengan itu, putaran roda juga dikurangi dengan rem ABS mulai 0 hingga  100 %. Efeknya seperti menggunakan limited slip differential tapi jauh lebih sempurna karena kerjanya berdasarkan program.


Automatic Transmission


                   Artinya Transmisi otomatis. Transmisi atau persneling atau pengoperan gigi secara otomatis. Jika mobil transmisi konvensional atau yang biasa, bekerja dengan cara menginjak kopling memindahkan gigi lalu kembali menginjak gas. Maka transmisi otomatis ini tidak menggunakan kopling. Si pengendara hanya perlu menginjak gas (seperti kalau naik boom-boom car). Dalam kecepatan tertentu gigi akan berpindah dengan sendirinya dan kendaraan pun akan terus melaju semakin cepat sesuai dengan injakan gas si pengemudi.Sistem transmisi ini memang cocok untuk Urban Vehicle atau mobil di kota yang penuh macet. Karena si pengemudi jelas tidak akan lelah karena menahan kopling. Beberapa mobil menggunakan jenis transmisi ini, misalnya Hyundai Atoz atau Mercedes Benz A-Class. Tapi banyak pengemudi lebih menyukai transmisi manual karena ‘tarikan’ tenaganya lebih terasa.


Anti Dazzle Mirror


                    Sistem keamanan pada kaca spion interior untuk memunculkan bias gelap saat terkena cahaya. Di antara dua lapisan kaca spion, biasanya dipakai lembar film yang sangat tipis atau cairan khusus.Dihubungkan lewat tegangan listrik tertentu, lapisan mediator inilah yang memunculkan bias yang gelap saat terkena cahaya. Selain BMW, mobil-mobil Eropa lainnya seperti Audi, Volvo dan mercedes benz juga mempunyai fitur keamanan serupa.


Backup light
Lampu rem / lampu tanda mundur. Back Sonar System


                Merupakan tehnologi sensor parkir. Dirancang untuk memperingatkan pengemudi mengenai jarak antara mobil dengan halangan atau gangguan yang berada di belakangnya. Tehnologi ini memanfaatkan gelombang ultrasonik yang frekuensinya di atas 20 kHz dipancarkan menggunakan sensor ultrasonik yang berada di bumper belakang.


Bahan Bakar


                Zat mudah terbakar, yang dibakar untuk memberikan tenaga atau panas, misalnya bensin, etanol, metanol, diesel, gas alam, atau propan.


Bahan pengisi bodi


                 Bahan plastik pengeras (dempul) yang digunakan untuk mengisi penyok dan kerutan kecil pada bodi mobil.


Bantalan rem
 


                  Permukaan kaliper sistem rem cakram yang dapat diganti. Barier Coat .Berfungsi melindungi bagian polyester dan metal dari kaca film sehingga tidak menimbulkan karat dan kaca film tidak berubah warna.


Batang kemudi
                 Batang dari roda kemudi ke mekanisme kemudi. Batang stabilisator .Batang yang menghubungkan sistem suspensi pada roda dua (depan atau belakang) untuk menstabilkan pengemudian perputaran.


Bezel
                Cincin atau lingkaran pelindung sebuah piranti, seperti lampu depan, sein samping, spidometer atau indikator lain. Berfungsi agar posisinya tak berubah sekaligus pemanis tampilan.

Cairan pendingin


                 Campuran air dan alkohol etilena dalam radiator mobil yang membantu memindahkan panas mesin ke udara.


Camber


                 Sudut Kemiringan antara sebuah Roda dan Jalan dilihat dari samping, merupakan sudut keausan ban.


Camshaft


                Disebut juga poros kam/noken as. Berfungsi sebagai pembuka katup mesin, digerakkan oleh timming gear atau timing chain, bergantung dari jenis mesinnya


D


Dashboard


               Adalah kontrol panel kendaraan yang terpasang di bagian muka kabin penumpang. Lajur sepanjang lebar kabin itu banyak memuat perlengkapan untuk kontrol kendaraan, seperti roda setir, speedometer, tombol-tombol dan lain-lain.


Detonation


                 Kerusakan busi yang disebabkan karena Insulator retak atau coak. Teknik penyetelan ‘gap’ yang tidak tepat juga bisa menyebabkan keretakan pada ujung insulator.


Diameter X Langkah


                Diameter adalah ukuran garis tengah dari lubang silinder mesin. Sering disalahnamakan dengan bohring oleh mekanik awam yang sebenarnya adalah boring. Sedangkan langkah adalah panjang gerakan bolak-balik dari piston. Panjang langkah piston ini diukur dari titik mati paling atas (TMA) atau TDC (top death center) sampai ke titik mati paling bawah (TMB) atau BTC (bottom dead center). Panjang langkah ditentukan oleh diameter lingkaran yang dibuat oleh putaran poros engkol. Atau sama dengan panjang antara titik pusat poros engkol dengan tempat setang piston dipasang. Diameter dan langkah ini menentukan volume atau kapasitas mesin.


Diesel engine


                 Merupakan jenis mesin penghasil tenaga dengan mesin yang mengunakan sistim pembakaran oleh kompresi. Tidak seperti mesin lainnya yang pembakaran-nya diambil dari pengapian atau ignition yang mengunakan percikan api. Diesel menggunakan suhu panas dari kompresi. Udara ditarik ke silinder dan di kompres sehingga menciptakan suhu yang sedemikian panas yang menyalakan bahan bakar yang diinjeksikan ke mesin. Kata diesel sendiri diambil dari nama penemunya yaitu Rudolph Diesel. Mesin Diesel sangat irit dalam menggunakan bahan bakar ketimbang mobil bensin, tapi mobil diesel punya pantangan yaitu bahan bakar di dalam tangki kendaraannya tidak boleh di pakai sampai habis. Aturan umumnya adalah bahan bakar yang tersisa minimal 1/3 tangki. Bahkan ada kendaraan yang isi bahan bakarnya tinggal ½ tangki pun, ia harus sudah diisi penuh lagi.


Dieselmotoren

 
                Adalah motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar solar di campur dengan udara.  DifferensialRancangan gigi (gardan) yang memungkinkan dua roda (sejajar) berputar dengan jumlah putaran berbeda. Satu lebih cepat lainnya lambat, misalnya saat berbelok. Gunanya untuk menghubungkan perputaran mesin dengan roda belakang.


Differential Global Positioning System


                Fungsinya mendeteksi posisi mobil terhadap benda di sekelilingnya sampai jarak beberapa sentimeter. Gunanya untuk mencegah tabrakan. Pendeteksi super akurat ini juga akan memerintahkan sistem rem dan suspensi bekerja sesuai karakter pengemudi.


Distorsi
Semua gangguan suara yang disebabkan akibat piranti audio maupun pengaruh dari luar.


Dimmer Switch
 

                  Yaitu keadaan di mana roda tidak bergetar pada arah samping kiri kanan. Drum brake
Rem tromol Direct Acting Jenis peredam kejut. Gaya peredaman direct acting diperoleh dari gaya tekan oli yang melewati lubang kecil seperti sebuah plunyer yang bergerak ke atas dan ke bawah pada silinder.


Direct Injection


            Merupakan system injeksi bahan bakar pada mesin diesel. Disebut juga injeksi langsung karena solar diinjeksikan ke dalam ruang bakar yang terdapat di antara kepala silinder dan piston. Guna mendongkrak efisiensi pembakaran solar, ruang bakar mesin diesel injeksi langsung dirancang secara khusus. Saat ini ada 3 macam ruang bakar mesin diesel injeksi langsung yaitu multi sperical, hemispherical, spherical.

Dynamic Brake Control (DBC)


                Sistem ini akan memberikan daya tekan pedal lebih kuat lagi agar si pengemudi tidak melakukan pengocokan pedal rem lagi. Intinya sistem ini akan mengukur rasio penambahan tekanan di pedal rem. Sehingga begitu pedal rem diinjak, DBC akan memberikan respon ke sistem hidrolik yang memanfaatkan kerja vacuum brake booster.


Ebonit tensioner
 


                Berfungsi untuk menahan dan menekan rantai  EBV Electronic Controlled Brake Distributor yaitu sistem rem yang lebih maksimal dari ABS (yang digunakan oleh Mercedes Benz). Sistem EBV ini digunakan oleh Audi, misalnya Audi A6.

1 komentar: