ABS
Anti-lock Braking System berguna
untuk mencegah terjadinya efek mengunci pada perangkat rem tatkala menginjak
pedal secara mendadak sehingga mobil terhindar dari kemungkinan selip akibat
efek gaya dorong kendaraan yang menjauhi titik pusat (sentrifugal).
Caranya adalah dengan sensor yang memberikan
input atau kontrol, kapan roda harus berhenti dan kapan roda harus berputar.
Jadi ketika kendaraan di rem, roda tidak terkunci dan pengemudi masih tetap
bisa mengendalikan kendaraan tersebut.Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Daimler yang ketika itu masih berduet hanya dengan Benz tahun 1970. ABS awalnya diberi nama anti-block system diciptakan oleh Hans Scherenberg di Stuttgart, Jerman.
Abrasion Resistance
Berfungi untuk menghindarkan goresan pada saat pemasangan dan lebih anti gores dibanding kaca film biasa. Active Body Control (ABC)
Merupakan teknologi suspensi yang bersifat
aktif ciptaan Mercedes Benz dimana ABC memperbaiki kualitas penguasaan
kendaraan di segala medan. Sistem ABC memisahkan pekerjaan dari suspensi
menurut elemen aktif dan pasif. Secara dasar, gaya, pukulan atau tekanan besar
yang diterima oleh hidrolis sedangkan yang kecil di terima oleh peredam kejut
yang konvensional. Jika sistem suspensi aktif yang full, sangat menyedot tenaga
mesin dan semakin memboroskan bahan bakar.Berfungi untuk menghindarkan goresan pada saat pemasangan dan lebih anti gores dibanding kaca film biasa. Active Body Control (ABC)
Sistem ABC mempunyai efek yang minimal terhadap penggunaan bahan bakar dan sebaliknya mendapatkan kenyamanan dan penguasaan jalan yang maksimal. Ini bisa terjadi karena unit hidrolis aktif dan peredam kejut yang pasif masing-masing mengerjakan ‘urusannya’ sendiri-sendiri. Seluruh usaha dari unit ABC terkonsentrasi ke pergerakan dan getaran berfrekuensi rendah. (ini bisa terjadi kurang dari 5 kali dalam 1 detik atau 5 Hertz.) Sementara itu masih ada penahan seperti per yang biasa didapati di sistem suspensi, peredam kejut pasif yang bertekanan gas, terkombinasi dengan sensor gerak dan aktuator hidrolis.
Active Air Suspension
Fungsinya menahan posisi mobil tetap stabil. Teknologi ini dikeluarkan oleh Mercedes. Active Roll Control System
Metode ini diarahkan untuk membantu driver
menjaga sudut kemiringan tunggangannya. Secara fisik posisinya berada diatas
lengan ayun depan dan belakang. Perangkat ini tak ubahnya sebuah peredam kejut
tambahan yang bekerja sama dengan batang stabilizer. Ditambah fitur sensor
kemiringan dan sudut putaran setir. Saat mobil melaju sensor-sensor akan
bekerja memantau tiap sudut kemiringan baik ketika melaju di trek lurus ataupun
saat menikung.Fungsinya menahan posisi mobil tetap stabil. Teknologi ini dikeluarkan oleh Mercedes. Active Roll Control System
Active Cornering Enhancements (ACE)
Perangkat ini menjaga kendaraan dari gejala
body roll saat melibas tikungan atau zig-zag di jalan raya. Tapi bila kemudi
mengarah ke jalan non aspal ACE membantu kendaraan tetap stabil. Suspensi akan
bergerak sangat bebas bila terjadi perbedaan kedudukan as roda, semisal roda
kiri depan menjejak lubang dalam, sedang kanannya menggilas gundukan. Teknologi
ini ada pada Land rover discovery series II.
Active Yaw Control (AYC)
Sistem ini telah mengalami modifikasi untuk
menangani ekstra torsi dan memperkuat peralihan torsi pada differensial
belakang. Sewaktu berakselerasi sembari menikung, AYC mengirimkan tenaga
tambahan pada roda terjauh dari titik dalam tikungan untuk mengurangi
understeer. Misalnya ketika belok kiri, tenaga akan ditambahkan pada roda
kanan. Selanjutnya saat keluar dari tikungan, sistem ini akan mengirimkan power
pada roda yang berada pada sisi dalam untuk menjaga kestabilan.
Adaptive Cruise Control (ACC)
Tehnologi sistem pengontrol yang mampu
menjaga jarak dan kecepatan dengan kendaraan di depan. Sistem ini akan
mendeteksi kecepatan kendaraan di depan selanjutnya sistem memerintahkan mobil
untuk menyamakan kecepatan dan menjaga jarak dengan bantuan rem dan komputer
pengatur kerja rem. Tehnologi ini ada pada BMW seri 7.
Adaptive Gear Changing System (AGS)
Sistem yang mendukung kerja transmisi
otomatis. AGS akan bereaksi secara sensitif terhadap gaya mengemudi serta
kondisi jalan.
Additional Retarding Braking System
Semua komponen rem untuk mengurangi kecepatan kendaraan melaju di jalan menurun.
Semua komponen rem untuk mengurangi kecepatan kendaraan melaju di jalan menurun.
Automatic Differential Brake Adjustable Engine Management
Sistem pada mesin dengan perantara satelit
navigasi yang dapat merubah program komputer mesin. Dengan begitu kinerja mesin
jadi makin adaptif sesuai lingkungan dan perilaku pengemudi. Kadar oktan bahan
bakar pun dapat disesuaikan secara otomatis. Sistem ini juga akan mendeteksi
dan memperbaiki kerusakan elektronis yang timbul. Teknologi ini telah
didemonstrasikan pada Volvo seri S80.
Adjustable Suspension Kit
Peredam kejut dan per yang digabung menjadi
satu. Selain mempunyai kemampuan layaknya peranti kompetisi (racing kit),
umumnya tinggi rendahnya dapat diatur sesuai medan jalan atau keinginan pemilik
mobil.
Advancer Vacuum
Komponen ini bertugas untuk mengatur waktu pengapian sesuai perubahan beban mesin.
Komponen ini bertugas untuk mengatur waktu pengapian sesuai perubahan beban mesin.
Adventure
Off road kering Air Bag
Off road kering Air Bag
Adalah teknologi kantong udara untuk menahan
penumpang bagian depan ketika tabrakan terjadi. Biasanya Air Bag tersimpan di
lingkaran dalam roda stir dan dashboard. Teknologi Air Bag ini diklaim sebagai
teknologi yang lebih canggih ketimbang seatbelt atau sabuk pengaman karena Air
Bag bukan sekedar menahan dengan cara mengikat penumpang ke kursi tapi menjadi
bantalan yang terkembang di depan wajah si penumpang tepat saat tabrakan
terjadi dan langsung menahan benturan ke dashboard dan kaca depan.
Air Spring
Pegas udara yaitu silinder karet atau kantong
udara yang berisi udara yang ditekan.
Air sprung rear axle
Disebut juga suspensi balon. Perangkat ini
berfungsi mengubah konstanta per (spiral) sesuai kebutuhan. Sehingga dapat
mengantisipasi mobil yang tak terbebani ataupun over load agar suspensi terasa
lembut.Prinsip suspensi balon ini menghasilkan
ayunan yang dihasilkan pada kantung udara. Dapat diatur tekanannya guna menahan
beratnya beban dan menyerap body roll. Prinsip kerjanya diatur oleh kompresor,
oleh karena itu antisipasi paling penting adalah mengganti dinamo ampere standar
(115 ampere) dengan yang lebih besar (>140 ampere), agar aki tidak tekor
ketika beban kerja tinggi.Kelemahannya beban berat, lama kelamaan akan
menimbulkan masalah. Bagian belakang akan amblas, membuat bagian depannya
mendongak. Penggantian per dengan jenis dan tipe yang lebih keras membuat mobil
lebih kokoh saat dimuati beban lebih.AWD cukup mampu untuk melibas jalanan
pedesaan, off-road ringan dan bukit landai. Pada kenyataannya, ground clearance
(jarak terendah antara mobil dan tanah) yang sering menghentikan mobil,
daripada ketidakmampuan AWD. Mobil-mobil yang menggunakan system AWD: Audi
Quattro; Mitsubishi Eclipse, 3000GT; Mercedes-Benz E320; Subaru; Volvo V70 ;
Chrysler Town & Country; Dodge Grand Caravan; Mazda MPV; Honda CR-V; Lexus
RX300.
All Terrain Vehicle (ATV)
Bentuk ATV mirip motor pendek beroda empat.
Kendaraan ini sangat kuat terutama di medan offroad, seperti jalanan tanah atau
berpasir seperti di pantai, di pertanian, di gurun pasir. Selain punya daya
jelajah yang tinggi, ATV juga kuat untuk towing atau menarik kendaraan lain. Kendaraan berdaya angkut besar ini punya
tenaga besar namun ukuran badannya yang berdimensi kecil, nyaris seperti motor
buat anak-anak. Gerak rodanya di belakang atau rear drive yang punya shaft
tunggal. Tenaganya yang besar tidak cocok untuk jalanan aspal dan sering
menyebabkan terjadinya spin dan slide ketika melakukan pembelokkan. Walau
bernama ATV, sebenarnya kendaraan ini lebih cocok di sebut OTV (Off Road
Terrain Vehicle).
All system traction control
Menggunakan ABS dan komputer pengontrol
mesin. Prinsip kerjanya, pada saat system pengerem bekerja, komputer mengurangi
daya yang dihasilkan mesin atau memindahkan ke gigi transmisi yang lebih tinggi
untuk mengurangi wheel spin. Untuk kecepatan tinggi. Perangkat ini terpasang
pada mobil mewah seperti Mercedes-Benz S-Class dan E-Class, BMW Seri 7, Lexus
LS400 dan Cadillac DeVille.
Ammeter
Alat yang mengukur dan melaporkan aliran arus listrik. Anti Intrusion
Struktur body anti penyok. Anti-Scan, Anti-Grab Prevention Kode pada alarm yang artinya alarm mempunyai kemampuan mengantisipasi pembajakan nomor kode dan frekwensi. Cara kerjanya remote control mengirim nomor kode dan frekwensi yang berbeda ke sensor secara acak. Akibatnya data yang terekam pembajak akan selalu berbeda dengan remote control.
Alat yang mengukur dan melaporkan aliran arus listrik. Anti Intrusion
Struktur body anti penyok. Anti-Scan, Anti-Grab Prevention Kode pada alarm yang artinya alarm mempunyai kemampuan mengantisipasi pembajakan nomor kode dan frekwensi. Cara kerjanya remote control mengirim nomor kode dan frekwensi yang berbeda ke sensor secara acak. Akibatnya data yang terekam pembajak akan selalu berbeda dengan remote control.
Ash Carbon
Kerusakan busi yang disebabkan karena endapan
abu. Tanda-tanda : endapan berwarna coklat muda menempel di sisi atau di tengah
elektroda, atau keduanya. Endapan yang terlalu banyak bisa menyelimuti busi,
sehingga busi macet sewaktu berakselerasi.
Auto lock / unlock
Sistem ini secara otomatis akan mengunci
pintu dalam 5 detik setelah mesin dihidupkan dan sebaliknya kunci akan terbuka
5 detik setelah mesin dimatikan.
Automatic 4WD
Sistem ini bergerak dengan 2WD, hingga system
mendeteksi perlunya menggunakan 4WD. Secara otomatis daya dibagi ke roda depan
dan belakang dengan perbandingan sesuai kondisi medan. Pada umumnya system
otomatis bekerja bila salah satu ban slip. Yang lebih modern, menggunakan
software yang dapat mengubah ke 4WD sebelum roda slip, dengan menganalisa
kondisi jalanan.
Automatic Braking System
Seluruh komponen rem baik pada induk maunpun
gandengannya yang biasa digunakan pada truk-truk gandengan yang panjang.
Automatic Cruise Control
Piranti ini berupa perangkat pembantu yang
mengatur laju kendaraan. Caranya dengan mendeteksi laju kendaraan di depannya.
Sistem pengereman berfungsi secara otomatis, jika mendeteksi benda di depannya
akan mengurangi kecepatan mendadak.
Automatic Disable Starter
Senjata pelindung terakhir pada mobil. Cara
kerjanya pada saat si pencuri berusaha memasuki kabin dan memaksa menghidupkan
mobil maka Auto Relay Starter berperan dengan memutus arus listrik pada
rangkaian pengapian.
Automatic Engine Cut Off
Teknologi pembatas putaran mesin yang dipakai
pada mobil BMW sejak tahun 1990. Cara kerjanya dikontrol oleh Electronic
Computer Unit (ECU) yaitu ketika jarum tachometer menyentuh angka 6.500 rpm,
maka secara otomatis mobil akan menurunkan putarannya sehingga mesin tidak
mengalami over-revving (melampaui batas putaran maksimum).
Automatic Stability Control
Sistem suspensi yang di kembangkan perusahaan
otomotif BMW yang berfungsi untuk mencegah spin di ban saat melakukan
akselerasi. Penggunaannya di terapkan di BMW 323iA.
Automatic Stability Control + Traction
Fungsi utama piranti ini adalah mencegah
terjadinya ban selip dan menjaga stabilitas mobil dalam kondisi jalan apa pun
seperti beraspal kering, basah maupun bersalju. Cara kerjanya, beberapa sensor
di roda dan mesin menangkap kinerja keduanya.Setiapkali ada gejala overpower yang
mengakibatkan roda selip dan kehilangan traksi, unit komputer akan membatasi
output tenaga yang dihasilkan mesin. Bersamaan dengan itu, putaran roda juga
dikurangi dengan rem ABS mulai 0 hingga 100 %. Efeknya seperti
menggunakan limited slip differential tapi jauh lebih sempurna karena kerjanya
berdasarkan program.
Automatic Transmission
Artinya Transmisi otomatis. Transmisi atau
persneling atau pengoperan gigi secara otomatis. Jika mobil transmisi konvensional
atau yang biasa, bekerja dengan cara menginjak kopling memindahkan gigi lalu
kembali menginjak gas. Maka transmisi otomatis ini tidak menggunakan kopling.
Si pengendara hanya perlu menginjak gas (seperti kalau naik boom-boom car).
Dalam kecepatan tertentu gigi akan berpindah dengan sendirinya dan kendaraan
pun akan terus melaju semakin cepat sesuai dengan injakan gas si pengemudi.Sistem transmisi ini memang cocok untuk Urban
Vehicle atau mobil di kota yang penuh macet. Karena si pengemudi jelas tidak
akan lelah karena menahan kopling. Beberapa mobil menggunakan jenis transmisi
ini, misalnya Hyundai Atoz atau Mercedes Benz A-Class. Tapi banyak pengemudi
lebih menyukai transmisi manual karena ‘tarikan’ tenaganya lebih terasa.
Anti Dazzle Mirror
Sistem keamanan pada kaca spion interior
untuk memunculkan bias gelap saat terkena cahaya. Di antara dua lapisan kaca
spion, biasanya dipakai lembar film yang sangat tipis atau cairan khusus.Dihubungkan lewat tegangan listrik tertentu,
lapisan mediator inilah yang memunculkan bias yang gelap saat terkena cahaya.
Selain BMW, mobil-mobil Eropa lainnya seperti Audi, Volvo dan mercedes benz
juga mempunyai fitur keamanan serupa.
Backup light
Lampu rem / lampu tanda mundur. Back Sonar System
Lampu rem / lampu tanda mundur. Back Sonar System
Merupakan tehnologi sensor parkir. Dirancang
untuk memperingatkan pengemudi mengenai jarak antara mobil dengan halangan atau
gangguan yang berada di belakangnya. Tehnologi ini memanfaatkan gelombang
ultrasonik yang frekuensinya di atas 20 kHz dipancarkan menggunakan sensor ultrasonik
yang berada di bumper belakang.
Bahan Bakar
Zat mudah terbakar, yang dibakar untuk
memberikan tenaga atau panas, misalnya bensin, etanol, metanol, diesel, gas
alam, atau propan.
Bahan pengisi bodi
Bahan plastik pengeras (dempul) yang
digunakan untuk mengisi penyok dan kerutan kecil pada bodi mobil.
Bantalan rem
Permukaan kaliper sistem rem cakram yang dapat diganti. Barier Coat .Berfungsi melindungi bagian polyester dan metal dari kaca film sehingga tidak menimbulkan karat dan kaca film tidak berubah warna.
Permukaan kaliper sistem rem cakram yang dapat diganti. Barier Coat .Berfungsi melindungi bagian polyester dan metal dari kaca film sehingga tidak menimbulkan karat dan kaca film tidak berubah warna.
Batang kemudi
Batang dari roda kemudi ke mekanisme kemudi. Batang stabilisator .Batang yang menghubungkan sistem suspensi pada roda dua (depan atau belakang) untuk menstabilkan pengemudian perputaran.
Batang dari roda kemudi ke mekanisme kemudi. Batang stabilisator .Batang yang menghubungkan sistem suspensi pada roda dua (depan atau belakang) untuk menstabilkan pengemudian perputaran.
Bezel
Cincin atau lingkaran pelindung sebuah piranti, seperti lampu depan, sein samping, spidometer atau indikator lain. Berfungsi agar posisinya tak berubah sekaligus pemanis tampilan.
Cincin atau lingkaran pelindung sebuah piranti, seperti lampu depan, sein samping, spidometer atau indikator lain. Berfungsi agar posisinya tak berubah sekaligus pemanis tampilan.
Cairan pendingin
Campuran air dan alkohol etilena dalam
radiator mobil yang membantu memindahkan panas mesin ke udara.
Camber
Sudut Kemiringan antara sebuah Roda dan Jalan
dilihat dari samping, merupakan sudut keausan ban.
Camshaft
Disebut juga poros kam/noken as. Berfungsi
sebagai pembuka katup mesin, digerakkan oleh timming gear atau timing chain,
bergantung dari jenis mesinnya
D
Dashboard
Adalah kontrol panel kendaraan yang terpasang
di bagian muka kabin penumpang. Lajur sepanjang lebar kabin itu banyak memuat
perlengkapan untuk kontrol kendaraan, seperti roda setir, speedometer,
tombol-tombol dan lain-lain.
Detonation
Kerusakan busi yang disebabkan karena
Insulator retak atau coak. Teknik penyetelan ‘gap’ yang tidak tepat juga bisa
menyebabkan keretakan pada ujung insulator.
Diameter X Langkah
Diameter adalah ukuran garis tengah dari
lubang silinder mesin. Sering disalahnamakan dengan bohring oleh mekanik awam
yang sebenarnya adalah boring. Sedangkan langkah adalah panjang gerakan
bolak-balik dari piston. Panjang langkah piston ini diukur dari titik
mati paling atas (TMA) atau TDC (top death center) sampai ke titik mati paling
bawah (TMB) atau BTC (bottom dead center). Panjang langkah ditentukan oleh
diameter lingkaran yang dibuat oleh putaran poros engkol. Atau sama dengan
panjang antara titik pusat poros engkol dengan tempat setang piston dipasang.
Diameter dan langkah ini menentukan volume atau kapasitas mesin.
Diesel engine
Merupakan jenis mesin penghasil tenaga dengan
mesin yang mengunakan sistim pembakaran oleh kompresi. Tidak seperti mesin
lainnya yang pembakaran-nya diambil dari pengapian atau ignition yang
mengunakan percikan api. Diesel menggunakan suhu panas dari kompresi.
Udara ditarik ke silinder dan di kompres sehingga menciptakan suhu yang
sedemikian panas yang menyalakan bahan bakar yang diinjeksikan ke mesin. Kata
diesel sendiri diambil dari nama penemunya yaitu Rudolph Diesel. Mesin Diesel sangat irit dalam menggunakan
bahan bakar ketimbang mobil bensin, tapi mobil diesel punya pantangan yaitu
bahan bakar di dalam tangki kendaraannya tidak boleh di pakai sampai habis.
Aturan umumnya adalah bahan bakar yang tersisa minimal 1/3 tangki. Bahkan ada
kendaraan yang isi bahan bakarnya tinggal ½ tangki pun, ia harus sudah diisi
penuh lagi.
Dieselmotoren
Adalah motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar solar di campur dengan udara. DifferensialRancangan gigi (gardan) yang memungkinkan dua roda (sejajar) berputar dengan jumlah putaran berbeda. Satu lebih cepat lainnya lambat, misalnya saat berbelok. Gunanya untuk menghubungkan perputaran mesin dengan roda belakang.
Adalah motor yang dapat hidup karena memakai bahan bakar solar di campur dengan udara. DifferensialRancangan gigi (gardan) yang memungkinkan dua roda (sejajar) berputar dengan jumlah putaran berbeda. Satu lebih cepat lainnya lambat, misalnya saat berbelok. Gunanya untuk menghubungkan perputaran mesin dengan roda belakang.
Differential Global Positioning System
Fungsinya mendeteksi posisi mobil terhadap
benda di sekelilingnya sampai jarak beberapa sentimeter. Gunanya untuk mencegah
tabrakan. Pendeteksi super akurat ini juga akan memerintahkan sistem rem dan
suspensi bekerja sesuai karakter pengemudi.
Distorsi
Semua gangguan suara yang disebabkan akibat piranti audio maupun pengaruh dari luar.
Semua gangguan suara yang disebabkan akibat piranti audio maupun pengaruh dari luar.
Dimmer Switch
Yaitu keadaan di mana roda tidak bergetar pada arah samping kiri kanan. Drum brake
Rem tromol Direct Acting Jenis peredam kejut. Gaya peredaman direct acting diperoleh dari gaya tekan oli yang melewati lubang kecil seperti sebuah plunyer yang bergerak ke atas dan ke bawah pada silinder.
Yaitu keadaan di mana roda tidak bergetar pada arah samping kiri kanan. Drum brake
Rem tromol Direct Acting Jenis peredam kejut. Gaya peredaman direct acting diperoleh dari gaya tekan oli yang melewati lubang kecil seperti sebuah plunyer yang bergerak ke atas dan ke bawah pada silinder.
Direct Injection
Merupakan system injeksi bahan bakar pada
mesin diesel. Disebut juga injeksi langsung karena solar diinjeksikan ke dalam
ruang bakar yang terdapat di antara kepala silinder dan piston. Guna mendongkrak efisiensi pembakaran solar,
ruang bakar mesin diesel injeksi langsung dirancang secara khusus. Saat ini ada
3 macam ruang bakar mesin diesel injeksi langsung yaitu multi sperical,
hemispherical, spherical.
Dynamic Brake Control (DBC)
Sistem ini akan memberikan daya tekan pedal
lebih kuat lagi agar si pengemudi tidak melakukan pengocokan pedal rem lagi.
Intinya sistem ini akan mengukur rasio penambahan tekanan di pedal rem.
Sehingga begitu pedal rem diinjak, DBC akan memberikan respon ke sistem
hidrolik yang memanfaatkan kerja vacuum brake booster.
Ebonit tensioner
Berfungsi untuk menahan dan menekan rantai EBV Electronic Controlled Brake Distributor yaitu sistem rem yang lebih maksimal dari ABS (yang digunakan oleh Mercedes Benz). Sistem EBV ini digunakan oleh Audi, misalnya Audi A6.
Berfungsi untuk menahan dan menekan rantai EBV Electronic Controlled Brake Distributor yaitu sistem rem yang lebih maksimal dari ABS (yang digunakan oleh Mercedes Benz). Sistem EBV ini digunakan oleh Audi, misalnya Audi A6.
sipp.sip lanjutkan
BalasHapus